PERILAKU PADA ANAK METAL DAN PENGARUHNYA TERHADAP GAYA HIDUP REMAJA
 Landasan Teori
Berbagai macam masalah dalam keluarga atau lingkungan dapat menjadikan remaja kedalam suatu komunitas yang dinamakan anak Metal. Karena pada usia remaja memang ditandai dengan gejolak ingin mencoba sesuatu yang baruatau bahka nasing. Dan Metal adalah cendrung menawarkan sebuah penampilan dengan gaya pakaian dan music yang provokatif.
Metal adalah suatu aliran musik yang cenderung kearah yang keras, namun hal itu adalah sebuah cirri khas dari metal itu sendiri. Metal cenderung memiliki aliran yang sering disebut dengan sebutan satanisme atau gothic atau yang lebih dikenal dengan sebutan aliran setan. Hal itu ditandai dengan lambing dari metal itu sendiri yang digambarkan dengan bintang terbalik yang di atasnya terdapat kepala kambing. Serta metal sangat identik dengan angka “666” yang merupakan angka dari symbol satanisme. Gambaran dari metal yang lain adalah dari kata-kata yang digunakan oleh band-band metal yang sering menggunakan kalimat kematian, neraka, dan satanisme. Metal mulai masuk Indonesia pada era tahun 90an. Pada waktu itu orang dari luar negeri membawa musik metal ke Indonesia. Lambat laun orang Indonesia mulai menikmati musik beraliran metal serta mulai merambah ke penjuru Indonesia. Hal itu menyebabkan banyak orang yang membuat komunitas yang menamakan dirinya sebagai anak Metal.
Komnitas anak Metal sebagai suatu kelompok sosial merupakan bagian dari masyarakat remaja yang mempunyai nilai-nilai tersendiri dimana sering terjadi penyimpangan dengan nilai-nilai masyarakat yang sudah ada. Boleh dikatakan mereka mempunyai persepsi tersendiri dalam memandang lingkungan atau lebih luas tentang kehidupannya. Sebagai contoh dari segi penampilan anak Metal jelas terlihat berbeda dengan masyarakat pada umumnya. Mereka menggunakan cenderung menggunkan cerana pendek doreng hitam putih serta mengenakan baju yang cenderung berwarna gelap bahkan sering hitam dan bergambar dan bertuliskan sesuatu yang bergaya satanisme. Penampilan anak Metal yang khas dengan aksesoris yang menempel ditubuh mereka dan berfungsi sebagai identitas komunitas Metal. Penampilan yang berbeda dengan komunitas lain padaumumny merupakan salah satu penentangan anak Metal terhadapsuatu kebebasan. Mereka juga memandang nilai-nilai yang telah ada adalah lebih permisif untuk dilanggar apabila hal itu akan mengekang kebebasan mereka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s